Kamis, 04 Juni 2009

MUI Tunggu Permintaan Bank Syariah soal Swap


JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih menunggu permintaan resmi dari kalangan perbankan syariah soal pengeluaran fatwa transaksi keuangan swap (konsep mekanisme melindungi nilai melalui perjanjian transaksi penukaran antara dua mata uang).

"Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI tidak akan mengeluarkan fatwa jika belum ada permintaan resmi dan keinginan kuat dari perbankan syariah," kata Wakil Sekretaris DSN MUI, Hasanudin, di Jakarta, Selasa.

DSN MUI berprinsip pasif dan buat apa mengeluarkan fatwa jika bank tidak membutuhkannya. Kemudian sebelum fatwa itu dikeluarkan DSN dan Bank Indonesia akan berkoordinasi untuk menilai kelayakan akan dikeluarkannya fatwa tersebut.

"Sampai saat ini permintaan terhadap dikeluarkannya fatwa dari MUI untuk transaksi swap di Bank Syariah, tidak terlalu besar", kata Hasanudin. Semua itu dikembalikan kepada perbankan Islam di Indonesia, apakah mereka memamg sangat membutuhkan diberlakukannya transaksi tersebut atau sebeliknya.

Untuk memberlakukan transaksi swap tersebut bank-bank Syariah harus melakukan dua tahapan yakni harus ada fatwa dari MUI karena sesuai dengan UU Perbankan Syariah. Suatu kebijakan yang akan diterapkan di Bank Islam di Indonesia harus ada fatwa dari MUI lebih dahulu yang hal ini dilakukan oleh DSN.

Setelah itu baru oleh Bank Indonesia dikeluarkan peraturan setelah adanya fatwa agar bisa diberlakukan pada bank Islam. "Tanpa dua hal tersebut bank syariah di Indonesia tidak bisa memberlakukan dan melaksanakan transaksi 'swap' secara Islami seperti yang diputuskan lewat pertemuan Muzakarah Cendekiawan Syariah Nusantara ketiga di Hotel Mercure, Ancol Jakarta, pada Mei lalu", kata Hasanudin.

Pemberlakuan konsep dan operasi transaksi "swap" sebagai mekanisme lindungi nilai dalam transaksi keuangan di lembaga keuangan syariah, tergantung bank itu sendiri. ant/ism
sumber : http://www.republika.co.id/berita/53977/MUI_Tunggu_Permintaan_Bank_Syariah_soal_i_Swap_I

UNTUK KONSULTASI DAN BERGABUNG SILAHKAN HUBUNGI BADRUDIN MUHSIN DI email/YM/FB: binmuhsin_group@yahoo.co.id atau HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103
KENAPA HARUS BERGABUNG DI MPP SYARIAH BERSAMA SAYA?
Karena saya adalah pemilik | PAKET POS | sehingga secara otomatis andapun akan saya promosikan juga. Karena saya adalah pemilik | BIN MUHSIN GROUP | sehingga anda akan mendapatkan semua kemudahan bergabung di jaringan bisnis saya

Tidak ada komentar:

PAKET POS ( Promosi Online Semesta )

JENIS OBAT SUNNAH