Kamis, 04 Juni 2009

Inilah Bank Syariah: Manfaatkanlah


Logo iB (islamic Banking) kini makin sering dan makin mudah kita jumpai. Setiap bank yang memasang stiker iB ini berarti menyediakan aneka produk syariah yang bersifat friendly bagi siapa pun, tanpa memandang apa pun agama, suku, ras dan sebagainya. Itu sebabnya, tagline yang diusung Bank Indonesia dalam kampanye iB di radio, televisi, koran, dan website adalah ‘’Lebih dari Sekadar Bank’‘ dan ‘’Melintasi Keragaman’‘.

Ada beberapa layanan yang diberikan perbankan syariah, yaitu untuk peminjam dana dan penyimpan dana. Bagi peminjam dana, produk yang ditawarkan adalah bagi hasil, jual beli, usaha patungan, dan asuransi. Sedangkan bagi penyimpan dana, tersedia berbagai produk yang ditawarkan seperti jasa penitipan dana dan deposito.

Perbankan syariah merupakan alternatif sistem perbankan yang memiliki beragam produk perbankan dan didukung oleh skema keuangan yang lebih bervariasi dan menguntungkan. Masyarakat bisa memakai jasa perbankan syariah untuk berbagai kebutuhan finansialnya, seperti pembiayaan pemilikan rumah, kendaran bermotor, investasi, tabungan, biaya sekolah, kesehatan, pernikahan, dan pembiaya an untuk mengembangkan bisnis.

Karakteristik sistem perbankan syariah yang beroperasi berdasarkan prinsip bagi hasil memberikan alternatif sistem perbankan yang saling menguntungkan bagi masyarakat dan bank. Selain itu menonjolkan aspek keadilan dalam bertransaksi, investasi yang beretika, mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan persaudaraan dalam berproduksi, dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Didin Hafidhuddin, menyatakan, ekonomi syariah dibangun dengan nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, dan bebas. Bebas dari unsur judi (maysir), ketidakjelasan (gharar), dan riba. ‘’Ekonomi syariah ini bersifat universal, cocok bagi semua orang,’‘ tandas KH Didin yang juga Ketua Umum Baznas.

Dengan menyediakan beragam produk serta layanan jasa perbankan yang beragam dengan skema keuangan yang lebih bervariatif, perbankan syariah menjadi alternatif sistem perbankan yang kredibel dan dapat dinimati oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.

Di tengah ancaman imbas krisis keuangan global, tak membuat perbankan syariah di Indonesia mengalami perlambatan. Sebaliknya, industri perbankan syariah Indonesia membuktikan dirinya menjadi industri keuangan yang kokoh.

Meskipun krisis ekonomi global mulai terasa berat di awal kuartal keempat 2008, perbankan syariah Indonesia tetap menunjukkan kondisi stabil. Antusiasme masyarakat menyambut perbankan syariah seolah menjadi lahan potensial bagi pertumbuhan dan perkembangan industri berbasis nonbunga ini. Terbukti, sepanjang 2008, kinerja dari sisi aset, Dana Pihak Ketiga (DPK), dan pembiayaan meningkat. Januari sampai November 2008, naik Rp 500 miliar sampai Rp 1 triliun untuk setiap bulan.

Dari sisi pembiayaan, Januari 2008 mencapai Rp 27 triliun. Pada November tahun yang sama menjadi Rp 38,5 triliun. Sedangkan DPK meningkat Rp 7 triliun menjadi Rp 34,4 triliun pada November. Asetnya pun tumbuh pesat dari Rp 35,8 triliun pada Januari 2008 menjadi Rp 47,1 triliun.

Dari sisi jaringan kantor, perbankan syariah juga menunjukkan kemajuan yang berarti. Menurut data Bank Indonesia, jaringan kantor syariah terus menunjukkan peningkatan. Pada Januari 2008, terdapat 548 jaringan. Hingga November lalu, jaringan itu membengkak menjadi 749. Rinciannya, 254 kantor cabang syariah, 262 kantor cabang pembantu syariah, 28 unit pelayanan syariah, dan 205 kantor kas
syariah.

Perkembangan bank syariah semakin mantap dengan diberlakukannya Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Dengan progres perkembangannya yang impresif, yang mencapai rata-rata pertumbuhan aset lebih dari 65 persen pertahun dalam lima tahun terakhir, maka diharapkan peran industri perbankan syariah dalam mendukung perekonomian nasional akan semakin signifikan.

Bank Indonesia telah mengeluarkan Cetak Biru Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia pada 2002. Ini memuat visi, misi dan sasaran pengembangan perbankan syariah serta sekumpulan inisiatif strategis dengan prio ritas yang jelas untuk menjawab tantangan utama dan mencapai sasaran dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Menurut data BI, saat ini, jumlah masyarakat yang menggunakan perbankan syariah semakin meningkat. Hingga November 2008, tercatat 3,799 juta nasabah yang membuka rekening di perbankan syariah. Ketua Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) KH Ma’ruf Amin mengapresiasi langkah yang dilakukan Bank Indonesia mengkampanyekan iB. ‘’Apa yang dilakukan BI itu merupakan upaya yang positif untuk mensosialisasikan dan meningkatkan layanan perbankan syariah,’‘ kata KH Ma’ruf Amin kepada Republika.

Menurut ulama yang selalu lantang memperjuangkan perbankan syariah itu, sekarang Bank Umum Syariah (BUS) sudah lima dan sebentar lagi akan bertambah tujuh. ‘’Semua itu menunjukkan minat masyarakat kepada perbankan syariah makin besar. Demikian pula instrumen-instrumen syariah lainnya, seperti asuransi syariah dan reksadana syariah,’‘ paparnya. Meskipun demikian, sosialisasi ekonomi syariah, khususnya perbankan syariah, kepada masyarakat tak boleh berhenti. ‘’Kampanye mengenai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan oleh perbankan syariah harus terusmenerus dilakukan, agar masyarakat dari segala lapisan makin mengerti dan tertarik menggunakan perbankan syariah,’‘ tandas KH Ma’ruf Amin.

Jadi, bila Anda melihat kantor bank yang memakai logo iB, tak perlu ragu, mampirlah, dan manfaatkanlah layanan perbankan syariah di sana. ? jar/ika/yto


UNTUK KONSULTASI DAN BERGABUNG SILAHKAN HUBUNGI BADRUDIN MUHSIN DI email/YM/FB: binmuhsin_group@yahoo.co.id atau HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103
KENAPA HARUS BERGABUNG DI MPP SYARIAH BERSAMA SAYA?
Karena saya adalah pemilik | PAKET POS | sehingga secara otomatis andapun akan saya promosikan juga. Karena saya adalah pemilik | BIN MUHSIN GROUP | sehingga anda akan mendapatkan semua kemudahan bergabung di jaringan bisnis saya

Tidak ada komentar:

PAKET POS ( Promosi Online Semesta )

JENIS OBAT SUNNAH